Kamis, 11 November 2021

Tugas Vlog PembaTIK Level 4 Tahun 2021

Tema Besar Vlog : Berbagi dan Berkolaborasi bersama di Rumah Belajar

Kuntoro Triatmoko

Latar Belakang Praktik Baik, Model Pembelajaran Projek Basis Learning “Membuat Jaringan Komputer”

Pemanfaatan Laboratorium Komputer merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang bersifat praktik didalam proses kegiatan belajar yang membutuhkan media komputer sebagai salah satu media pembelajaran. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) Ketrampilan Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar adalah KD Menginstalasi / membuat Jaringan Komputer. KD tersebut umumnya dilakukan dengan menggunakan media komputer sebagai media pembelajarannya.

Salah satu kendala yang dihadapi dalam melakukan praktik Menginstalasi / membuat Jaringan Komputer di Laboratorium Komputer di SMKN 1 Wanayasa adalah keterbatasan jumlah komputer. Jumlah komputer yang tersedia di Laboratorium Komputer SMKN 1 Wanayasa adalah 1 laboratorium komputer adalah 30 Komputer. Penggunaan komputer untuk melakukan praktik Menginstalasi / membuat Jaringan Komputer  1 siswa membutuhkan 3 komputer ( 1 sebagai server 2 sebagai client). Sedangkan jumlah siswa perkelas di SMKN 1 Wanayasa rata-rata adalah 30 siswa. Jadi komputer yang dibutuhkan untuk 1 kelas 1 untuk praktik Menginstalasi / membuat Jaringan Komputer  dibutuhkan 90 Komputer. Menyikapi kendala tersebut, praktik Menginstalasi / membuat Jaringan Komputer menggunakan simulasi jaringan dengan aplikasi packet tracer sebagai media pembelajaran praktik, dan salah satu sumber belajarnya menggunakan sumber belajar di rumah belajar, sehingga tidak tergantung lagi dengan adanya keterbatasan komputer di sekolah. 

Kuntoro Triatmoko
Aplikasi Packet Tracer

Kuntoro Triatmoko

Sumber Rumah Belajar

Video Vlog:

Link Video Vlog via Youtube: Vlog Tugas Akhir PembaTIK Level 4 Tahun 2021

#PusdatinKemendikbudristek 
Selengkapnya >>

0 comments:

Posting Komentar

Simulasi Control Panel Hosting

Simulasi:  Proses Pembuatan Situs Web Bisnis Kuliner oleh Pak Teguh  Simulasi: Proses Pembuatan Situs Web Bisnis Kuliner oleh Pak Teguh Lang...